Aksi 4. Webinar Sosialisasi Rumah Belajar – Optimalisasi Portal Rumah Belajar dengan Akun belajar.id

Aksi ke empat dari Sosialisasi Portal Rumah Belajar yang saya laksanakan ialah Webinar Sosialisasi Rumah Belajar – Optimalisasi Portal Rumah Belajar dengan Akun belajar.id. Webinar ini serupa dengan aksi ketiga saya pada Webinar Integrasi Portal Rumah Belajar dan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran. Kedua webinar ini bertemakan pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Google Workspace for Education dalam pembelajaran melalui penggunaan akun pembelajaran (belajar.id).

Kolaborasi Tiga Google Certified Trainer
Kolaborasi ini bermula dari chat seorang Sahabat Rumah Belajar (SRB) di grup chat “GMT L3 Sept 21”. Beliau adalah Bapak Ali Zaenal, seorang Google Certified Trainer (GCT) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur. Isi chat itu ialah pertanyaan tentang ada tidaknya GCT di grup tersebut yang juga seorang SRB. Beberapa GCT menjawab pertanyaan tersebut, termasuk saya. Singkat cerita, saya dan rekan-rekan GCT lainnya yang berstatus SRB dimasukkan ke dalam grup chat khusus untuk dapat saling berkomunikasi. tujuannya ialah ajakan berkolaborasi dalam 10 Serial Seminar Sosialisasi Rumah Belajar yang diselenggarakan Bapak Ali Zaenal di Kanal Youtube Ali Zaenal milik beliau.

Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan berkolaborasi dengan Bapak Ali Zaenal pada seri ke-5 Sosialiasi Rumah Belajar. Turut serta dalam kolaborasi tersebut Bapak Mohammad Rizal, SRB-GCT dari Sulawesi Tengah. Sosialisasi seri ke-5 digelar pada hari Senin, 8 November 2021 pukul 13.00 WIB. Media kolaborasi adalah streamyard dan disiarkan pada kanal Youtube Ali Zaenal. Topik yang diangkat pada seri ke-5 ini ialah Optimalisasi Optimalisasi Portal Rumah Belajar dengan Akun belajar.id.

Flyer Webinar Seri ke-5 Sosialisasi Rumah Belajar – Optimalisasi Portal Rumah Belajar dengan Akun belajar.id.

Optimalisasi Rumah Belajar
Seri ke-5 dari 10 serial Sosialisasi Rumah Belajar ini benar-benar mengedepankan tema “optimalisasi”, baik dalam hal pemanfaatan maupun dalam hal pengembangan Portal Rumah Belajar. Hal tersebut tampak dari materi yang disampaikan 3 narasumber. Bertindak selaku narasumber pertama, Bapak Mohammad Rizal mengangkat materi “Ice Breaking Seru dengan Edugame terintegrasi Google Classroom”. Saya selaku narasumber kedua mengangkat materi “Praktikum Virtual Memanfaatkan Laboratorium Maya, Google Dos, dan Google Forms”. Sedangkan Bapak Ali Zaenal selaku narasumber pamungkas mengangkat materi “Menjadi Kreator Konten pada Portal Rumah Belajar. Melalui Webinar seri ke-5 ini, setiap narasumber benar-benar ingin mengenalkan sekaligus mengajak peserta untuk memanfaatkan dan memperkaya konten-konten di Portal Rumah Belajar.

Tema yang berisi tujuan tersirat untuk “mengajak” tersebut ternyata mendapat antusias yang luar biasa. Selama Webiar tayang, jumlah peserta mencapai 81 orang. Banyak pertanyaan muncul terkait pemanfaatan edugame dan laboratorium maya. Ada pula pertanyaan tentang tips membuat konten video dan multimedia interaktif untuk dijadikan konten Portal Rumah Belajar.

Rekaman Seri 5 Webinar Sosialisasi Rumah Belajar – Optimalisasi Portal Rumah Belajar dengan Akun belajar.id. dapat disaksikan pada tampilan video berikut ini.

Rumah Belajar, belajar kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.
#PusdatinKemdikbudristek #PembaTIK2021 #DutaRumahBelajar2021

Tinggalkan komentar