PRAKTIKUM VIRTUAL ENZIM KATALASE DENGAN LABORATORIUM MAYA RUMAH BELAJAR

PENDAHULUAN

Pembelajaran Biologi Kelas XII IA dan IS di SMA Negeri 4 tanjung Jabung Barat telah memasuki Materi Metabolisme. Karena SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Barat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), maka pada Hari Kamis, 10 September 2020 telah dilakukan praktikum “Enzim Katalase” secara virtual. Kegiatan praktikum dilakukan oleh siswa secara individu di rumah masing-masing.

PERSIAPAN

Platform utama pembelajaran adalah Google Classroom, dimana guru mengunggah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tautan (link) absensi pertemuan, panduan praktikum, tautan praktikum virtual, dan tautan lembar pertanyaan. Siswa disilahkan mengunduh RPP dan panduan praktikum agar mereka memahami langkah pembelajaran yang akan dilakukan.

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah raktik-enzim-pert-9.jpg

Tautan praktikum virtual Enzim Katalase memanfaatkan fitur Laboratorium Maya dari Portal Rumah Belajar. Tautan praktikum tersebut ialah sebagai berikut.

Praktikum Enzim Katalase

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah vlab-rb.jpg

Lembar absensi dan pertanyaan dalam bentuk Google Formulir diberikan dalam tautan berikut.

Lembar Absensi

Lembar Pertanyaan

Kegiatan praktikum siswa menunjukkan keseragaman hasil percobaan namun ada perbedaan dalam kesimpulan, sebagaimana terlihat hasil praktikum siswa Kelas XII IA 1 berikut ini.

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah hasil-praktik-enzim.jpg

Pada percobaan Fase I (Perbedaan pH), ada dua siswa dengan kesimpulan yang berbeda dari kesimpulan siswa lainnya. Dua siswa tersebut memberi kesimpulan bahwa Enzim Katalase bekerja optimum pada keadaan basa. Sementara itu, siswa lainnya menyimpulkan bahwa Enzim Katalase bekerja optimum pada keadaan netral.  Perbedaan siswa dalam mengambil kesimpulan pada percobaan Fase I bukan disebabkan oleh aplikasi yang digunakan, melainkan oleh tingkat literasi siswa dan cara mereka membaca data. Namun demikian, tidak ada perbedaan hasil dan kesimpulan pada percobaan Fase II (Perbedaan Suhu). Seluruh siswa menuliskan kesimpulan bahwa Enzim Katalase bekerja optimum pada suhu 25oC.

KESIMPULAN

Praktikum virtual Enzim Katalase memanfaatkan fitur Laboratorium Maya dari Portal Rumah Belajar telah telah berjalan dengan baik. Siswa dapat melaksanakan kegiatan praktikum secara mandiri yang ditunjukkan dengan keseragaman hasil percobaan. Praktikum Enzim Katalase pada Laboratorium Maya dari Portal Rumah Belajar sangat baik digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau pada kondisi sarana praktikum di laboratorium tidak lengkap.

#MerdekaBelajar#NadiemMakarim#PembaTIK2020#pembatiklevel4#RumahBelajar#tributetohendriwidiatmoko#guruberbagi#gurupenggerak

7 comments

Tinggalkan komentar